Minggu, 27 April 2014

SOFTWARE AUTHORING MULTIMEDIA : MACROMEDIA FLASH



BAB I
PENDAHULUAN
1. Perangkat lunak
Perangkat lunak merupakan program yang berfungsi untuk menjalankan perangkat keras computer yang berisi intruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara. Sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.

2. Jenis – jenis perangkat lunak dan fungsinya
2.1 Sistem Operasi
Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara mendasar. Seperti :

  •  Mengatur Media Input
  • Proses
  • Output
  • Mengatur Memory
  •   Penjadwalan Proses
 Contoh sytem operasi:
  •  PC DOS
  •  MS DOS
  •  MICROSOFT WINDOWS
  • LINUX
  • UNIX
  • MACINTOSH
  • FREE BSD

2.2 Perangkat Lunak Bahasa
Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh komputer . Seperti:
·         Bahasa Tingkat Tinggi
·         Bahasa Tingkat Menengah
·         Bahasa Tingkat Rendah

2.3 Program Aplikasi (Aplication Program)
Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu.
·         Word Processing (Pengolah Kata)
·         Program Database
·         Program Spreadsheet
·         Program CAD (Computer Aided Design)
·         Program Layout Artikel (Publisher

3. Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat  lunak  multimedia  adalah  komponen-komponen  dalam  data  processing  system,  berupa program-program  untuk  mengontrol  bekerjanya  sistem  komputer  Multimedia.  Perangkat  lunak  ini digolongkan  menjadi  tiga  bagian  yaitu  bahasa  pemrograman  multimedia,  perangkat  lunak  sistem multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
3.1 Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa  pemrograman  Multimedia  adalah  bahasa-bahasa  yang  digunakan  programmer  untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic, dan Java.
3.2 Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat  lunak  aplikasi  multimedia  merupakan  aplikasi-aplikasi  yang  dibuat  oleh  personal  atau organisasi  untuk  user  yang  beroperasi  dalam  bidang-bidang multimedia  spesifik  seperti  grafik  2D, modeling dan animasi.
a.      Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi  pengolah  teks  yang  banyak  digunakan misalnya Microsoft Word, Word  Star  for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
b.      Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
·         Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
·         Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
c.       Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh  dari  perangkat  lunak  Animasi  dan  modeling  Grafik  3D  adalah  3D  Studio  MAX,  Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.

d.      Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring  merupakan  aplikasi  komputer  yang  memberikan  peluang  kepada  pengguna  untuk mengembangkan sebuah perangkat  lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis waktu. Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi  elemen-elemen  dalam  halaman  atau  buku  tersebut. Contoh  dari  aplikasi  ini  adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring  berbasis  icon  menggunakan  konsep  flowchart  untuk  membuat  aliran  elemen-elemen multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan diagram  alir  aktivitas  sepanjang  jalur  percabangan,  contohnya  adalah  Microsoft  Power  Point  dan Macromedia Authorware.
Authoring  berbasis  waktu  merupakan  pengembangan  paket  multimedia  sebagai  pengorganisasian objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk  menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web Contoh produk-produk mendesain web antara  lain adalah Macromedia Flash  yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.








BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian Flash
Flash adalah adalah salah satu software yang merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript. Macromedia flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para desainer untuk menghasilkan desain yang professional.
2.      Riwayat produk sampai awal 2010
·         Futuresplash Animator (10  April 1996)
·         Flash 1(Desember 1996)
·         Flash 2 (Juni 1997)
·         Flash 3 (31 Mei 1998)
·         Flash 4 (15 Juni 1999)
·         Flash 5 (24 Agustus 2000)
·         Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
·         Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) – ActionScript 2.0
·         Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) – ActionScript 2.0
·         Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003)
·         Flash Basic 8 (13 September 2005)
·         Flash Professional 8 (13 September 2005)
·         Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) – ActionScript 3.0
·         Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)
·         Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)
  1. 3.      Kegunaan ,Kelebihan Dan Kelemahan Macromedia Flash
3.1 Kegunaan Macromedia Flash
ü  membuat presentasi
ü  membuat aplikasi
ü  membuat animasi
ü  membuat konten video
ü  membuat media-rich flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan efek-efek khusus

3.2 Kelebihan Macromedia Flash
Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
o   Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik
o   Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi
o   Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone.
o   Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
o   Hasil akhir Flash memiliki ukuran yang lebih kecil (setelah dipublish)
o   Flash dapat mengimpor hampir semua gambar dan file-file audio sehingga dapat lebih hidup.
o   Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol
o   Gambar Flash tidak akan pecah meskipun di zoom beberapa kali karena gambar flash bersifat gambar vektor.
o   Hasil akhir dapat disimpan dalam berbagai macam bentuk seperti *.avi, *.gif, *.mov, maupun file dengan format
3.3  Kelemahan Macromedia Flash
Waktu belajarnya lama apalagi bagi yang belum pernah menggunakansoftware desain grafis sebelumnya.
·         Grafisnya kurang lengkap.
·         Lambat login.
·         Kurang Simpel.
·         Menunya tidak user friendly.
·         Perlu banyak referensi tutorial.
·         Kurang dalam 3D. Pembuatan animasi 3D cukup sulit.
·         Bahasanya pemrogramannya agak susah.
·         Belum ada template di dalamnya.
·         Ukuran file besar.





4.      Tampilan Awal Macromedia Flash
Gambar 1
5.      Tool Dalam Macromedia Flash
Toolbox adalah kumpulan tool – tool yang sering digunakan untuk melakukan seleksi, meggambar, memberi warna objek, memodifikasi objek, dan megatur besar kecil stage. Berikut komponen-komponen dalam tool box serta fungsi dan kegunaan nya
Gambar 2
Gambar 3










BAB III
KESIMPULAN

Dengan di buat nya makalah ini dapat disimpulkan  bahwa :
  1. Perkembangan macromedia flash berkembang sangat pesat.
  2. Macromedia flash dapat di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Macromedia flash bisa mempermudah pekerjaan.
  4. Macromedia flash bisa di gunakan dalam bidang bisnis, pendidikan ,dll.

















DAFTAR PUSTAKA
·
http://www.flash magazine.com/news/eletoyl/theflash history//

Tidak ada komentar:

Posting Komentar